Seekor Kucing Pernah Mengukir Sejarah Dengan Tapak Kakinya


Emir O Filipovic collection
Seorang mahasiswa doktor Emir O. Filipović  saat sedang mencari-cari naskah  di tumpukan naskah abad pertengahan dari Dubrovnik, Kroasia, Universitas Sarajevo tersandung satu set halaman berabad-abad silam yang sangat beliau kenal  dengan kerusakan bercak-bercak.


Tahun lalu, kucing nakal telah meninggalkan tapak kaki-nya di buku. Berikut Filipović menjelaskan temuannya.


Saya melakukan beberapa penelitian di Arsip Negara Dubrovnik untuk Disertasi PhD saya, saya menemukan beberapa halaman yang ternoda dengan cetakan kaki kucing, saya mengambil beberapa foto ini (seperti yang saya lakukan setiap kali aku melihat sesuatu menarik atau tidak biasa pada setiap buku tua saya membaca).


Lalu melanjutkan pekerjaan saya dan tidak membiarkan diri saya larut pada sesuatu yang pada dasarnya bisa disebut gangguan.



Berkat kehadirannya Twitter dan luasnya cakupan blog, seorang sejarawan Prancis memotret foto dan memutuskan untuk memasukkannya ke dalam Album Interaktif nya Arkeologi Abad Pertengahan.


Dengan harapan sejarawan lain dapat memanfaatkan temuan yang unik, yang memberikan wawasan ke dalam kehidupan sehari-hari di Dubrovnik abad ke-14.


Filipović lebih lanjut menceritakan foto hasil cetak kucing kaki merupakan salah satu momen yang memaksa seorang sejarawan untuk menhentikan sejenak membacanya.


Mungkin kira-kira begini ceritanya, ada seekor kucing, yang mungkin dimiliki oleh salah satu ahli Taurat, menyenggol wadah tinta dan menggoreskan tapak kakinya di atas manuskrip tersebut hingga berabad-abad kemudian.


Smithsonianmag/clawcat.blogspot

No comments:

Post a Comment