Bagaimana Cara Memandikan Kucing Kesayangan Anda Dengan Aman

collection of dipotret.blogspot.com

Saat memandikan kucing merupakan momen yang paling menakutkan bagi pemilik kucing. Memandikan kucing bisa membuat pemilik kucing trauma dan sekaligus membahayakan kehidupan anda sebagai pemilik kucing anda dan hewan peliharaan kesayangan anda. Dalam rangka meminimalkan resiko bagi anda dan hewan peliharaan anda, tips berikut dan saran yang mungkin membantu anda dalam memandikan kucing.


1. Potong kuku kucing peliharaan anda sebelum mandi


Cakar kucing bisa menjadi senjata mematikan. Jika Anda pernah menggendong hewan peliharaan kesayangan  anda di lengan Anda dan kemudian membuang segelas air ke wastafel atau menyalakan keran,  Anda mungkin menyadari bahaya yang akan anda hadapi yaitu keluarnya cakar kucing dan mulai mencakari tangan anda. Alangkah lebih baiknya jika anda memotongi kuku kucing peliharaan kesayangan anda terlebih dahulu, baik kaki depan maupun kaki belakang. Pemotongan kuku ini tidak hanya mampu menghindarkan anda dari luka cakaran di lengan anda, tetapi juga dapat menenangkan kucing peliharaan kesayangan anda. Setelah melakukan pemotongan kuku sebaiknya jangan langsung ajak kucing anda ke dalam bak mandi. Biarkan kucing Anda rileks sebelum air menyirami tubuh kucing anda. Beberapa kucing menanggapi pemotongan kuku dengan tenang, sementara kucing lain menganggap hal tersebut sebagai ajakan perang.


2. Tentukan waktu mandi yang tepat bagi kucing anda

Waktu mandi tidak harus mengikuti waktu bermain kucing anda. Kucing lebih cenderung menikmati kegiatan mandi saat mereka tenang daripada saat baru saja bermain kejar-kejaran dengan saudara mereka.


3. Mulailah dengan sikatan yang lembut

Untuk mengurangi jumlah bulu yang rontok di wastafel, sebaiknya sebelum mandi, pastikan untuk menghilangkan bulu-bulu kucing yang rontok. Menyikat kucing dengan lembut juga bisa menenangkan si kucing dan membuatnya merasa aman dan dicintai. Dengan begitu, mereka jauh lebih tenang daripada sebelumnya.


4. Beri papan untuk tempat berdiri kucing anda

Permukaan basah sangat mudah menjadi licin, jika kucing anda tidak berdiri di permukaan yang stabil, mereka cenderung menjadi lebih panik. Anda bisa memilih tiga jenis alas yaitu kain, handuk, atau papan yang bisa dipasang di bak mandi atau wastafel demi kenyaman si kucing saat mandi.


5. Hindari daerah sensitif (mata, hidung, dan telinga)

Ketika awalnya membasahi hewan peliharaan anda, sebaiknya anda berhati-hati, hindari membasahi air langsung di mata, telinga atau hidung. Dengan menghargai daerah sensitif si kucing akan lebih kecil kemungkinannya si kucing mencoba menggigit atau mencakar, terlebih lagi anda sudah memotong kuku mereka.


6. Gunakan produk yang tepat

Ketika memandikan kucing, jangan beranggapan bahwa sampo anda akan memberikan efek yang sama dengan sampo khusus untuk kucing. Penggunaan sampo manusia kepada kucing  dapat membuat kulit kucing kering dan membuatnya lebih sensitif. Sebagai pemilik yang baik, tentu saja anda tidak akan ingin menggunakan produk yang berpotensi membahayakan kucing anda. Pastikan anda mengikuti petunjuk penggunaan shampo yang anda beli untuk kucing peliharaan anda paling sebelum digunakan. Penggunaan sampo yang memiliki konsentrat  terlalu tinggi memiliki efek yang berbahaya bagi kucing.


7. Bersihkan wajah

Saat membersihkan bagian wajah kucing gunakan lap lembut dibandingkan  menyiram wajah kucing Anda dengan air  hangat. Jika wajah kucing anda terlalu kotor, mungkin anda harus menggunakan sampo yang lebih encer, namun jika tidak ada bisa, gunakan air biasa.


8. Bilas hingga bersih

Jika anda ingin memastikan hewan peliharaan anda sudah bersih dari busa-busa sampo, ada  aturan praktis yang bisa anda ikuti adalah bilas dua kali setelah anda memberi sampo. Jika ada sampo yang tersisa pada kulit atau bulu kucing dapat menyebabkan munculnya kotoran dan debu. Selain itu juga, Sampo kering juga bisa melukai dan mengeringkan kulit kucing Anda dan tentu saja hal tersebut tidak nyaman bagi kucing anda.

9. Keringkan bagian tubuh bawah

Jangan biarkan kucing Anda melarikan diri setelah bagian atas telah disirami air. Jika mereka dibiarkan basah kuyup di tempat yang dingin atau berangin, membuat kucing sangat mudah sakit.  Tutupi tubuh kucing anda dengan handuk bersih dan menghilangkan air yang tersisa di tubuh kucing. Itu adalah saat yang paling tepat waktu bagi Anda untuk menahan si kucing, menutup tubuh si kucing dengan handuk dan sekaligus meyakinkan mereka bahwa aktivitas mandi telah berakhir.


10. Hadiah untuk si kucing

Jika Anda telah berhasil menyelesaikan aktivitas mandi anda, kucing anda layak mendapat hadiah juga. Dengan pemberian hadiah untuk si kucing, anda telah berupaya menyadari si kucing bagaimana menghargai kegiatan mandi rutin tersebut. Ajak bicara kucing anda dengan tenang, yakinkan kucing anda. Setelah kucing anda percaya dengan anda, saya yakin kucing anda pasti sangat nyaman dengan anda. Tinggalkan hadiah bagi mereka dalam mangkuk saat di dekat Anda dan biarkan mereka tahu bahwa kucing anda telah bekerja sama dengan  baik. (Ezinearticle/clawcat.blogspot)

3 comments:

  1. Informasinya bagus banget :) Makasih dan keep posting :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sekali... tambah postingannya yaaaa..

    ReplyDelete
  3. Tapi tidk apa2 bukan jika tidk diketingkan dengan Pengering rambut??

    ReplyDelete